
Kamis (07/11/2024) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna (Disnakertrans Natuna) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) terkait Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Disnakertrans Natuna.
Bertempat di ruang Aula Disnakertrans Natuna, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disnakertrans Natuna, Indra Joni, S.Sos., dan dihadiri oleh Sekretaris Disnakertrans Natuna, Said Muhammad Fadlly, S.STP., sebagai moderator acara, Kepala Bidang Ketenagakerjaan dan Kepala Bidang Transmigrasi dan Hubungan Industrial, dan beberapa perwakilan masyarakat penerima layanan serta beberapa perwakilan dari lintas sektoral diantaranya Camat Bunguran Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Bagian Organisasi dan Tata Laksana (ORTAL) Sekretariat Kabupaten Natuna dan perwakilan dari pegiat UMKM Natuna.
Acara ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dari Disnakertrans Natuna, serta menerima masukan dan saran dari segenap peserta yang hadir dalam forum sebagai upaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan layanan dari Disnakertrans Natuna.
Dalam sambutannya Kepala Disnakertrans Natuna menyampaikan bahwa penyelenggaraan forum seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Disnakertrans Natuna kepada masyarakat benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat. “Kedepannya pelayanan langsung kepada masyarakat juga akan kami lakukan di Mall Pelayanan Publik yang baru didirikan di kota Ranai.” ujarnya.
Sekretaris Disnakertrans mengatakan bahwa untuk saat ini Disnakertrans Natuna lebih memfokuskan peningkatan pada pelayanan pembuatan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja atau Kartu Kuning (AK-1) bagi masyarakat Kabupaten Natuna, karena jenis pelayanan ini yang paling banyak dilakukan masyarakat ketika berurusan pada dinas ini.
Perwakilan dari Diskominfo Natuna, Bagian ORTAL dan Camat turut memberikan pandangan serta masukan konstruktif terkait peningkatan pelayanan, pemanfaatan informasi teknologi, dan mengenai kriteria Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan maupun Standar Pelayanan Miniman bagi pemberi layanan.
Sesi akhir acara ini dilakukan sesi tanya jawab interaktif dari perwakilan masyarakat penerima layanan, masukan dan keluhan terkait pelayanan pada Disnakertrans Natuna langsung ditanggapi oleh pejabat terkait dan ditutup dengan penandatanganan Berita Acara dari beberapa perwakilan yang hadir dalam kegiatan ini.