INFORMASI

Disnaker News

Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Natuna Latih 30 Tenaga Kerja Siap Pakai

SEBANYAK 30 0rang Pencari Kerja yang akan dididik dan dilatih di Diklat Pelatihan Calon Pencari Kerja tahun 2017 di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Natuna dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi,S.Sos, M.Si bertempat di gedung Balai Latihan Kerja Disnakertrans Natuna ,Senin (09/10/2017).

Sekda Natuna Wan Siswandi menyampaikan Kata Sambutan Bupati Natuna H.Hamid Rizal mengatakan Upaya peningkatan tarif hidup dan prioritas pencari kerja menjadi prioritas dari Pemerintahan daerah Kabupaten Natuna melalui berbagai implementasi kegiatan untuk menciptakan peluang kerja dalam mengentaskan kemiskinan, katanya Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga menambahkan di dalam pencarian kerja perlunya daya saing dan kompetensi daya saing yang sangat tinggi diantara sesama pencari kerja. Maka daripada itu Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna merasa sangat perlu untuk menciptakan tenaga pencari kerja yang terampil yang memiliki keahlian khusus di bidangnya, seperti keterampilan menjahit, teknik mengelas, teknik listrik, maka perlu diadakannya Pelatihan Keterampilan para pencari kerja yang di laksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna melalui Balai latihan Kerja (BLK) tuturnya.

Hal ini sangat penting diingat bagi para peserta tujuan utama dari pelatihan ini adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia yang memiliki mental wirausaha, menciptakan lapangan pekerjaan yang produktif dengan hasil produksi yang dapat dihandalkan bagi kesejahteraan keluarganya harapan Wan Siswandi .

Tak luput juga Wan Siswandi mengucapkan Apresiasi yang sebesar besarnya bagi para Tim Pelatih yang telah dapat meluangkan waktunya dalam membagi informasi dan keterampilanya bagi kami disini didalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dalam pencarian kerja sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi keluarganya imbuh Siswandi .

Kabupaten Natuna menjadi perhatian khusus dari percepatan pembangunan dari Pemerintah Pusat seperti di bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang Parawisata yang nantinya sangat banyak membututuhkan tenaga kerja di daerah Kabupaten Natuna ini, ujar Siswandi.

Ketua Pelaksana kegiatan Diklat Pelatihan Tenaga Kerja Disnakertrans, Husyaini mengatakan pelatihan Keterampilan bagi pencari Kerja di Balai Latihan Kerja 2017, berdasarkan UU No 13 tentang Ketenaga Kerjaan tahun 2003, Lembaran Negara RI tahun 2003 No 39, Lembaran Negara RI tahun No 4279, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 8 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi, Berita Negara RI No 586, kata Hussyaini .

Tujuannya adalah diarahkan untuk membekali meningkatkan dan mengembangkan potensi kerja, guna meningkatkan kemampuan produktifitas dan kesejahteraan bagi pencari kerja. Berkompetensi sendiri artinya pendekatan pelatihan yang lebih pasifik dan terukur sistem pelatihan ini tidak hanya saja mengajarkan materi meteri pelatihan akan tetapi bagaimana untuk mengindentifikasi tingkat kompetensi yang dibutuhkan untuk mengisi level jabatan. Pelatihan berbasis kompetensi lebih banyak prakter dari pada teori sehingga bagi para peserta pelatih akan menjadi trampil dan mahir sehingga menguasai jurusan yang dipilih ungkapnya .

Adapun Waktu dan Tempat pelatihan di mulai dari tanggal 05 Oktober sampai 03 November 2017 yang akan di laksanakan di Balai latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Natuna sementara para peserta diinapkan di Mess BLK itu sendiri dan peserta di ikuti asuransi dari BPJS, peserta didatangkan dari 8 (delapan) Kecamatan di Tahap pertama, Tenaga Instrukturnya dari Balai Besar Pelatihan Tenaga Kerja Kota Serang di bawah Dirjen Pelatihan Tenaga Kerja dan Produktifitas Kementerian Tenaga Kerja RI.

 Adapun bagi para peserta dibagi dalam tiga kejuruan diantaranya kejurusan menjahit sebanyak 15 orang, kejuruan Listrik sebanyak 8 orang dan kejuruan Las sebanyak 8 orang, jadi total peserta sebanyak 31 orang dan Anggaran untuk kegiatan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja ini dari APBD Kabupaten Natuna tahun 2017, ujar Kadis Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Natuna, Hussyaini.

(admins)


Jalan Taruna Gedung BLK, Ranai, Natuna.
Email: disnakertranskab.natuna@yahoo.com, Telp: (0773) 31-446, (0773) 31-467.